Pemkot Jakpus Evaluasi Pembangunan Sentra Kuliner Karet Abdul Jalil

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Evaluasi terkait penataan kawasan Jalan Karet Abdul Jalil. Foto: Joiss PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan evaluasi terkait penataan kawasan Jalan Karet Abdul Jalil, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan rapat ini membahas progres report revitalisasi Gedung Dapen (Swadarma) yang akan dijadikan sebagai tempat sentra kuliner.

"Ini merupakan satu rangkaian dengan penataan lokasi sementara (loksem) JP 64 yang telah diselesaikan beberapa waktu lalu. Kita meng-update seperti pembongkaran gedung, IMB, pengamanan lokasi, dan lainnya," katanya, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (19/7). 

Nantinya, kata Bakwan Ferizan Ginting, gedung sentra kuliner ini akan berkonsep smart building dengan tiga lantai yang ramah lingkungan.

"Pengelolaan limbahnya pun akan kita buat sedemikian rupa, sehingga menjadi sentra kuliner yang nyaman dan higienis," ucapnya.

Menurutnya kehadiran sentra kuliner ini merupakan kolaborasi gedung-gedung yang berada di sekitar lokasi sebagai bentuk keikutsertaannya dalam penataan lingkungan sekaligus penataan lokasi Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas.

"Targetnya akan selesai Desember ini, akan kita tata dan bina para pedagang menjadi lebih modern, milenial, tidak seperti sekarang yang hanya sekedar menjual tetapi juga penampilan milenial, memakai seragam, higienis, jadi lebih tertata dan rapi," tuturnya.

"Harapannya menjadikan kawasan ini lebih tertata kawasan pendukung TOD dan menjadi destinasi wisata kuliner," tandasnya.