Pemkot Jakpus Gelar Aktualisasi Nilai Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H

Reporter: Kiki Staff Intren | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberiaan santunan pada Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, di Ruang Serbaguna Utama. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (11/10).

Kegiatan ini dihadiri, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP-PKK Provinsi DKI Jakarta Ellisa Sumarlin, dan ceramah agama yang bertemakan aktualisasi nilai Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh Ustad Dr. Aam Amirudin.

Pada Maulid Nabi Muhammad SAW diawali dengan sambutan yang disampaikan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Dalam sambutannya, Dhany Sukma menyampaikan bahwa kegiatan Maulid Nabi Muhammad sebagai momentum baik dan sebagai ajang muhasabah atau intropeksi diri.

“Maulid Nabi Muhammad SAW juga sebagai media pengembangan wawasan keagamaan dalam membentuk karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) yang selalu membantu nilai teknis, yaitu sumber utamanya adalah dari nilai Islam, adat istiadat, dan nilai filsafat. Tapi yang paling utama ialah nilai yang bersumber dari Allah subhanahu wa ta'ala,” katanya.

Menurutnya, kegiatan pembinaan wawasan agama Islam ini rutin dilakukan pada tiap bulannya. “Hari pertama dilaksanakan di tingkat kota, selebihnya kita keliling di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK DKI Jakarta Ellisa Sumarlin menambahkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad harus dijadikan sebagai wadah agar dapat merenungkan kembali dan meresapi secara mendalam arti makna dari lahirnya seorang utusan Allah SAW, yaitu Nabi dan Rasul Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad harus dijadikan sebagai wadah agar dapat merenungkan kembali dan meresapi secara mendalam arti makna dari lahirnya seorang utusan Allah SAW,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Jakarta Pusat Ibu Ucu Jamilah menyampaikan salam perpisahan dan mengucapkan terima kasihnya kepada kepada Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati serta Wakil Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK DKI Jakarta Ellisa Sumarlin atas kontribusinya selama ini.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H juga dilaksanakan pemberian santunan kepada anak yatim.