Pemkot Jakpus Gelar Diskusi Penataan Kawasan Juanda

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Diskusi penataan kawasan Juanda, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (13/4). Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar diskusi penataan kawasan Juanda, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (13/4).

Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Kasubanppeko) Administrasi Jakarta Pusat Agus Sanyoto mengatakan, diskusi penataan kawasan Juanda ini merupakan salah satu gagasan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat ke depan untuk mengembangkan kawasan Juanda sebagai kawasan transit.

Selain itu, lanjutnya, kawasan Juanda ini berada di antara kawasan Pecenongan dan Pasar Baru yang juga sedang dalam proses penataan. “Kawasan Juanda ini berada di tengah-tengah antara penataan Pecenongan dan Pasar Baru. Juanda menjadi tempat transit yang perlu dikembangkan di kemudian hari,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, salah satu konsep gagasan pengembangan kawasan Juanda kedepannya bisa dilakukan dari segi transportasi. Di mana para penumpang stasiun Juanda bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan nyaman baik dengan berjalan kaki, mengunakan transportasi massal, hingga bersepeda.

“Jadi jika mereka ingin jalan kaki ke Pasar Baru, ada trotoar yang nyaman, atau ingin naik Transjakarta sudah ada, jika ingin bersepeda sudah ada jalur sepeda atau bahkan tempat penyewaan sepeda,” jelasnya.

Diskusi penataan kawasan ini, menurutnya, akan mendengarkan masukan dan gagasan dari para UKPD terkait yang hadir, serta berbagai pihak yang terlibat di kawasan Juanda.