Pemkot Jakpus Gelar Pengajian Bulanan dan Silaturahmi Bersama FUHAB

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemkot Administrasi Jakarta Pusat gelar pengajian dan silaturahmi ulama umaro. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama Forum Ulama Habaib (FUHAB) menggelar pengajian dan silaturahmi ulama umaro, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (18/3) malam.

Dalam sambutannya, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, pengajian ulama umaro ini merupakan kegiatan awal di tahun 2022 dan akan dilanjutkan di tingkat kecamatan.

"Pertemuan berikutnya di bulan April mendatang yang bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan. Pengajian akan berlangsung di Kecamatan Tanah Abang sekaligus buka puasa bersama," katanya.

Rencananya, lanjut Dhany, pengajian ulama umaro FUHAB Kota Administrasi Jakarta Pusat kedepannya akan melibatkan Polres dan Kodim.

"Jadi merekatkan jajaran Kota Administrasi Jakarta Pusat maupun jajaran TNI-Polri bersama para ulama. Kita yakin ketika kita semua bergandengan tangan permasalahan sesulit apapun akan menjadi lebih mudah," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat membahagiakan karena setelah hampir dua tahun diterpa pandemi Covid-19 yang membuat pengajian seperti ini sangat terbatas.

"Alhamdulillah Covid-19 berangsur-angsur kasusnya terus menurun, mudah-mudahan pandemi ini cepat berakhir dan berubah menjadi endemi, sehingga bisa lebih normal kembali. Semoga di bulan Ramadan kita bisa melakukan ibadah secara normal," tuturnya.

Sementara itu, Ketua FUHAB Kota Administrasi Jakarta Pusat KH Fahrudin Wibowo bersyukur pengajian ulama umaro ini bisa terselenggara dan pertama kali di Jakarta Pusat.

"Alhamdulillah akhirnya bisa terselenggara juga. Insya Allah acara kita penuh dengan keberkahan dari Allah SWT," katanya.

Ia menjelaskan, pengajian rutin ini telah dijadwalkan untuk satu tahun ke depan dan untuk lokasi penyelenggaraannya akan dikabarkan kembali.

"Mudah-mudahan diberi kemudahan dan sebagaimana apa yang kita harapkan, serta pengajian ini bisa mendapat manfaat baik dunia dan akhirat," jelasnya.

Acara yang bertema 'Menyambut Bulan Suci Ramadan 1443 H, Menuju Mayarakat Jakarta Pusat yang Barokah, Maju dan Inklusif' ini berlangsung secara Campuran (hybrid) baik langsung atau luar Jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) atau online.

Pengajian diawali salat magrib berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan ratib yang dipimpin Habib Husen Al Haddad, pengajaran Kitab Alfatul Mu'in oleh KH Maulana Kamal Yusuf, dan ceramah agama yang disampaikan Habib Hamid Al Qadry.