Pemkot Jakpus Kolaborasi Buka Layanan Vaksin Booster Sabtu-Minggu

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi. Foto: Nelly Marlianti

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan kolaborasi membuka layanan vaksinasi Booster di hari Sabtu dan Minggu.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi mengatakan, akan membuka sentra vaksinasi bersama kolaborator untuk layanan vaksin di hari Sabtu dan Minggu. Nantinya bukan hanya vaksinasi Booster saja, tetapi juga vaksinasi dosis kedua yang akan dilakukan. 

"Kita akan coba lakukan di delapan kecamatan yang ada di wilayah Jakpus. Kemungkinan akan dimulai dalam dua minggu ke depan. Nakes-nya dari kolaborator, admin dari Pemkot Jakpus, sedangkan vaksinnya dari puskesmas, " ungkapnya usai monev capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Jakarta Pusat secara virtual, di Ruang Sekko I Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (10/2).

Fahmi menambahkan, saat ini respon masyarakat terhadap vaksinasi Booster tidak seantusias pada vaksinasi dosis dua sebelumnya. 

Sehingga, menurutnya, perlu dilakukan upaya yang lebih proaktif dari kelurahan, kecamatan, dan organisasi kemasyarakatan dalam melakukan penyisiran maupun memobilisasi warga.

"Untuk door to door ke rumah warga di beberapa puskesmas sudah dilakukan. Yang perlu dilakukan kedepannya membuka layanan sentra vaksinasi dan memobilisasi warga di sana untuk vaksin, terutama di hari Sabtu-Minggu," tandasnya.