Pemkot Jakpus Panen Melon di Rooftop Kantor Wali Kota

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Panen melon di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melakukan panen melon, sayuran hidroponik, dan ikan nila, di area rooftop, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (27/4).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi, serta jajaran terkait secara langsung melakukan panen tersebut.

Dalam kesempatan ini, Dhany Sukma mengungkapkan, panen melon di area rooftop membuktikan meski lahan terbatas bisa memanfaatkan lahan untuk mendukung program ketahanan pangan. Penanaman dilakukan dengan hidroponik maupun dengan tanaman yang merambat seperti, melon yang dipanen hari ini.

"Setelah kita tanam 75 hari kita bisa menikmati hasil dengan memanennya hari ini. Kemudian ada kangkung, pakcoy, ikan nila, termasuk ada tanaman rosella khas Jakpus," ungkapnya.

"Dari sini, kita bisa memanfaatkan lahan pekarangan tidak hanya di rooftop. Tapi di berbagai tempat lain dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan untuk menyiapkan kebutuhan secara mandiri," bebernya.

Ke depan, lanjut Dhany, pihaknya akan meningkatkan hasil panen area rooftop ini untuk budidaya, sekaligus juga laboratorium unit kerja. Yang mana nantinya hasil dari buah maupun sayuran yang dikembangkan bisa dijual.

"Pemasarannya kita bisa saja bekerja sama dengan Pasar Jaya, Food Station," tandasnya.