Pemkot Jakpus Stok Kebutuhan Pokok Aman

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemkot Administrasi Jakarta Pusat melakukan monitoring ketahanan pangan dan pemantauan harga di Pasar Senen. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan monitoring ketahanan pangan dan pemantauan harga serta stok, di Pasar Senen Blok 3, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting yang memimpin langsung monitoring ini menjelaskan, hingga hari ini harga komoditas kebutuhan pokok terpantau stabil dan stoknya aman.

"Tadi kita monitor, beberapa komoditi kita pantau semuanya, ini cenderung stabil, harga-harga juga cenderung stabil, paling ada kenaikan sedikit, sekitar 2.000 gitu seperti cabe, ayam, tapi tadi telur malah turun, dari 3.000 ribu menjadi 27.000 ribu turun 3.000 ribu. Artinya rata-rata kalau kita lihat di sini, tadi informasinya stabil ya. Kemudian kita cek stok aman mulai dari ketersediaan juga ada, cukup, dan pasokan juga cukup," katanya.

Dia menuturkan, monitoring ini dilakukan untuk memastikan harga dan stok kebutuhan pokok aman pasca-kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kita amati terus fenomena ini, nanti kalau emang perlu akan terus dilakukan operasi pasar. Pada saat ini harga cukup stabil dan stok pangan juga cukup," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan, Manager Area 1 PD Pasar Jaya Muhammad Yamin yang memastikan harga-harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Jakarta Pusat masih stabil dan stoknya pun aman.

"Setiap hari kami selalu monitoring ketersediaan stok pangan dan harga, saat ini masih dalam kondisi stabil di semua pasar meski adanya kenaikan harga BBM," ungkapnya.

"Nantinya jika ada kenaikan harga-harga biasanya kita akan berkoordinasi dengan Bulog dan pemerintah untuk melakukan operasi pasar," ucapnya.

Dalam monitoring ini, turut dihadiri Kepala Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat M Yasin, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari, Wakil Camat Senen Zahrul Wildan, dan pihak Kelurahan Senen.