Pengajian Rutin PKK Usung Tema Menghafal Al-Qur'an Semudah Tersenyum

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pengajian rutin TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan penceramah Ustadz Bobby Herwibowo. Foto: Dwi Arif

Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat menjadi panitia pelaksanaan pengajian rutin, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (19/12) pagi.

Pengajian rutin ini dilakukan secara daring maupun luring, yang diikuti oleh 700 peserta daring dari lima wilayah Kota Madya dan satu Kabupaten PKK se-DKI Jakarta serta diikuti oleh 110 peserta luring yang terdiri dari delapan kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

Menghafal Al-Qur'an Semudah Tersenyum adalah tema yang diusung dalam pengajian pada pagi hari ini, dengan penceramah yaitu, Ustadz Bobby Herwibowo, Lc.

Dalam laporannya, Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, tujuan dari acara ini yaitu untuk meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi.

"Kami keluarga besar TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, tentunya ingin terus berbagi dan menyemangati  para peserta pengajian untuk memberi tahu bagaimana cara memahami Al-Qur'an dengan mudah," katanya.

"Diharapkan dengan adanya pengajian dan metode menghafal Al-Qur'an ini bisa menambah semangat dan spiritual para peserta pengajian serta bisa melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan suara yang indah dan merdu," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan bahwa pengajian pada hari ini merupakan wujud dari program sebuah gerakan PKK.

Dhany juga mengungkapkan, gerakan PKK sudah berstandar nasional hal ini dijelaskan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

"Tujuan dari gerakan PKK ialah mewujudkan keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju, mandiri, kesetaraan, dan keadilan gender serta kepedulian terhadap hukum dan lingkungan," ungkapnya.

Dari pantauan Kominfotik JP di lokasi, saat masuk kedalam materi pengajian Ustadz Bobby Herwibowo memberikan metode untuk menghafal Al-Qur'an dengan mudah. Metode tersebut yaitu, dengan cara melantangkan suara dan isyarat tangan.

Diyakini dengan dua metode tersebut para peserta pengajian dapat dengan mudahnya menghafal ayat-ayat Al-Qur'an. Setelah memberikan metodenya, Ustadz Bobby Herwibowo langsung mengajak para peserta pengajian untuk mempraktikkannya.

Ustadz Bobby juga mengajak para peserta pengajian untuk membaca surat Ar-Rahman ayat 7 dan ayat 8 tanpa melihat Al-Qur'an. Lalu ia membacakan ayatnya dengan gerakan serta artinya, setelah itu diikuti oleh para peserta pengajian. Dan benar saja, tiga kali dibimbing oleh Ustadz Bobby Herwibowo para peserta pengajian sudah bisa menghafal 2 ayat beserta gerakan dan artinya dari surah Ar-Rahman.

Para peserta pengajian pun sangat senang dengan diberikannya metode menghafal Al-Qur'an ini.