Pengurasan Saluran Air di Jalan Abdul Muis Capai 78 Persen

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pengurasan saluran air di Jalan  Abdul Muis, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pengurasan saluran air sepanjang 200 meter dengan lebar 60 sentimeter di Jalan  Abdul Muis, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, tepatnya di depan Gedung Graha Asei sudah mencapai 78 persen.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat Achmad Daeroby mengatakan, pengurasan yang sudah berjalan seminggu ini ditargetkan selesai pekan depan.

"Saat ini pengurasan sudah mencapai 78 persen atau sekitar 156 meter, minggu depan diperkirakan selesai, lumpur yang telah diangkut sebanyak 5 meter kubik," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (8/3).

Menurutnya, pengurasan dilakukan karena kondisinya saluran air saat ini sudah banyak mengalami sedimentasi lumpur dan penumpukan sampah yang membuat saluran air menyempit.

"Saat ini ketinggian sedimen 30 sentimeter dengan tinggi saluran 80 sentimeter. Dikhawatirkan jika tak dikuras, akan memicu timbulnya genangan karena saluran air tak mampu menampung debit air yang tinggi saat hujan," ucapnya.

Untuk mempermudah pengurasan ini, kata Achmad, pihaknya telah melakukan pembongkaran saluran sepanjang lima meter. "Sebanyak 13 Satgas, mereka harus masuk ke gorong-gorong dengan menggunakan peralatan sederhana seperti, cangkul, cangkrang, linggis, sekop, pengki untuk menguras saluran air yang dipenuhi dengan lumpur dan sampah," paparnya.

"Harapannya setelah pengurasan ini warga untuk tidak lagi membuang limbah dapur dan sampah sembarangan," tutupnya.