Percantik Kampung Pancasila Tembok Jalan RW 09 Dilukis Mural

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

PPSU Kelurahan Mangga Dua Selatan melukis mural di media tembok Jalan Gang Budi Rahayu 3, RW 09. Foto: pusat.jakarta.go.id

Guna menghiasi RW 09 Kelurahan Mangga Dua Selatan yang merupakan lokasi pilot project Kampung Pancasila, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) melukis mural di media tembok Jalan Gang Budi Rahayu 3, RW 09, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

"Setelah ditunjuk sebagai pilot project Kampung Pancasila, maka kami mulai merapikan dan menghias kawasan RW 09. Salah satunya dengan membuat mural di media tembok sepanjang 100 meter," kata Lurah Mangga Dua Selatan Agata Bayu Putra, Kamis (17/3).

Agata menjelaskan, Kampung Pancasila merupakan program kolaborasi dengan Koramil 02 Sawah Besar. Di mana satu kecamatan akan ada satu lokasi yang dijadikan pilot project sebagai Kampung Pancasila.

"Mural tersebut bertemakan Pancasila, nantinya pengamalan sila-sila Pancasila dari sila pertama hingga kelima akan diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat. Selain itu, juga akan ada mural Jakarta Kolaborasi yang dilukis ditembok tersebut," jelasnya.

Semua lukisan ini, Agata menambahkan, dikerjakan oleh lima petugas PPSU, dibantu Babinsa Sawah Besar dan Karang Taruna RW 09 Mangga Dua Selatan. Ditargetkan selesai akhir bulan Maret.

"Selain mempercantik kawasan, kami juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat supaya wawasan kebangsaan warga bertambah. Kami juga ingin memastikan perbedaan di tengah masyarakat Mangga Dua Selatan bisa menjadi semangat positif yang menyatukan," ungkapnya.

Selain melukis mural, Kelurahan Mangga Dua Selatan juga telah memperbaiki gapura atau pintu masuk RW 09.