Peringati HAN, Sudin Pusip Gelar Metode Read Aloud

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin Pusip Jakpus menggelar metode real aloud dan bedah buku secara daring. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Penerbit Kanak, menggelar metode real aloud dan bedah buku secara daring dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diikuti sekitar 100 peserta.

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam mengembangkan kemampuan literasi anak sejak dini.

"Real aloud dan bedah buku manfaatnya sangat besar sekali, bukan hanya bagi bagi peserta didik saja namun juga, orang tua pendamping, guru, dan masyarakat," katanya, Jumat (29/7). 

Sementara itu, Dian Novitasari selaku narasumber menuturkan, read aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling  efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.

Juga menciptakan pengetahuan yang menjadi dasar bagi si anak, membangun koleksi kata/kosakata (vocabulary), dan memberikan cara membaca yang baik (reading role model).

"Manfaat read aloud antara lain dapat membangun keterampilan literasi melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis," jelasnya.