Peringati HUT ke-72, Satpol PP Bersihkan Jalan Loksem JP 33-34 Kramat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas membersihkan loksem JP 33-34 Jalan Kramat Raya RT 04 RW 02, Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka memperingati HUT ke-72 yang jatuh pada awal Maret lalu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Senen menggelar aksi bersih-bersih di sepanjang area pedagang Lokasi Sementara (loksem) JP 33-34 Jalan Kramat Raya RT 04 RW 02, Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kecamatan Senen Aries Cahyadi mengatakan, aksi bersih-bersih dan bakti sosial ini melibatkan 50 personel gabungan Satpol PP, Damkar, PPSU, Satpel UMKM, dan Satpel Lingkungan Hidup. Bahkan sejumlah pedagang juga ada yang ikut andil dalam kegiatan ini.

"Dalam giat ini, para petugas membersihkan seluruh area UMKM, karena area ini termasuk jalan protokol jadi kami melakukan bersih-bersih agar nyaman dipandang," katanya.

Menurut Aries, kerja bakti bersama ini merupakan bentuk berbagi rasa dengan membantu masyarakat, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang nantinya dapat dirasakan khalayak luas.

"Jika kawasan ini bersih dan rapi, pembeli juga akan semakin banyak yang datang dan bisa menikmati makanan dengan nyaman," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Kramat Agus Yachya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Satpol PP Kecamatan Senen ini. Menurutnya, aksi ini sangat membantu pihaknya dalam membersihkan dan menata Loksem JP 33-34 Kramat.

"Ini salah satu bentuk kolaborasi pemerintah dengan masyarakat, karena lokasi tersebut sebagai tempat usaha kuliner yang harus terjaga kebersihan dan kehigienisannya," kata Agus. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Satpol PP, di hari jadi ini. Semoga Satpol PP bisa terus menjadi penegak peraturan serta terus memberikan edukasi kepada masyarakat terakit peraturan umum," imbuhnya. 

Agus juga berharap kedepannya pedagang bisa ikut membersihkan sendiri tanpa ada kegiatan seperti saat ini.