Petojo Utara dan Cideng Terbaik Pertama Lomba Lingkungan Hidup Tingkat Kecamatan Gambir

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian apresiasi bagi pemenang lomba Lingkungan Hidup Tingkat Kecamatan Gambir. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Petojo Utara RW 06 dan  Kelurahan Cideng RW 01 terbaik pertama dalam lomba Lingkungan Hidup Tingkat Kecamatan Gambir.

RW 06 menjadi terbaik pertama dalam kategori lomba Gang Hijau sedangkan RW 01 menjadi yang terbaik dalam  Pengelolaan Sampah.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada pemenang lomba pengelolan sampah dan gang hijau, di TPS 3 R, Ketapang, Jalan KH Zainul Arifin, Kamis (23/2).

Dhany Sukma sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang luar biasa kepada seluruh jajaran Sudin Lingkungan Hidup (LH) yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan lomba Lingkungan Hidup Tingkat Kecamatan Gambir.

"Saya yakin dan percaya kegiatan ini akan menggetarkan hati sanubari setiap warga masyarakat untuk mengambil bagian dalam penanganan pengelolaan sampah," ucapnya.

Menurutnya, Kecamatan Gambir sekarang sudah mampu mereduksi sampah menjadi kurang lebih 200-an ton. Dan dampak dari pengelolaan sampah yang luar biasa ini bisa mengurangi timbunan sampah yang diangkut ke Bantargebang.

"Ayo kita sama-sama meningkatkan motivasi diri menggerakkan warga untuk berbuat baik, agar lingkungan menjadi baik tanpa adanya sampah. Ciptakan keberkahan dengan pengelolan sampah," tegasnya.

Sementara itu, Kasatpel LH Kecamatan Gambir Kiting Kartana menerangkan, total sampah yang masuk di wilayah Kecamatan Gambir sebanyak 2.985 ton.  Untuk pengurangan sampah jenis organik melalui kompos, maggot, B3, dan lain-lain sebanyak 219 ton.  Sedangkan melalui residu sebanyak 2.766 ton.

"Ada 37 bank sampah di wilayah Kecamatan Gambir. Dan merupakan  solusi yang paling tepat dalam pengurangan sampah," jelasnya.

Ikut hadir pada kesempatan ini, anggota DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina, Kasudin Lingkungan Hidup Marsigit, dan Camat Gambir Fauzi.