Petugas Gabungan Bersihkan Puing Rumah Roboh di Kampung Rawa

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas gabungan membersihkan sisa puing runtuhan bangunan. Foto: pusat.jakarta.go.id

Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri mengerahkan ratusan personel gabungan Kecamatan Johar Baru untuk membersihkan puing bangunan runtuh, di Jalan Kampung Rawa Sawah II, RT 10/RW 06, Kelurahan Kampung Rawa, Jakarta Pusat, Jumat (29/7).

Ratusan personel gabungan tersebut terdiri dari, Satpol PP, Dishub, PPSU, Lingkungan Hidup, Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga.

Nurhelmi menjelaskan, pembersihan puing bangunan yang runtuh pada Kamis (28/7) sore ini dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak kepolisian. Saat ini, pihaknya juga masih menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian terkait penyebab runtuhnya bangunan warga tersebut. 

"Material bangunan dibuang ke tempat penampungan lumpur Sudin SDA Jakarta Pusat," ujarnya.

Nurhelmi menjelaskan, saat kejadian terjadi pemilik bangunan sedang tidak ada di lokasi karena bangunan tersebut digunakan sebagai tempat usaha dan rumah tinggal. Sementara korban meninggal saat kejadian tengah berbelanja dan tertimpa reruntuhan.

"Satu orang korban meninggal sudah dimakamkan, sementara seorang warga yang mengalami luka ringan sudah menjalani rawat jalan dan seorang lagi masih dirawat di RSUD Johar Baru," terangnya.

Sementara itu, Kasatpel Perhubungan Kecamatan Johar Baru Dapot Togatorop menambahkan, akan membuka kembali dua akses jalan yakni Jalan Raya Galur dan Kampung Rawa Sawah II yang sempat ditutup.

"Sejak terjadi musibah, akses jalan ditutup sementara. Kami akan membuka setelah pembersihan puing bangunan  rampung," tambahnya.