PGJSS di Johar Baru Mulai Berjalan

Reporter: A Daelani | Editor: Shendy Adam

Pemilahan sampah di Johar Baru

Pelaksanaan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS) di wilayah Kelurahan Johar Baru, Johar Baru, Jakarta Pusat sudah mulai berjalan sesuai dengan yang diagendakan.

 

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Johar Baru, Faruk mengatakan, PGJSS merupakan rangkaian pengolaan sampah rumah tangga yang dilakukan selama satu pekan dengan melibatkan warga. Dalam program ini, warga diajak berperan aktif dalam rangka mengimplementasikan Pergub 77 tahun 2022 tentang pengelolaan sampah di lingkungan RW

 

“Alhamdulillah, wilayah Kelurahan Johar baru sudah melaksanakan imbauan Gubernur DKI Jakarta mengenai Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah ( PGJSS ). Dari 11 RW di Johar Baru sudah kita laksanakan imbauan tersebut diawali dengan rembug RW, “  kata Faruk didampingi Ketua Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW 05, Efi Dalia dan Ketua BPS RW 09, Leli Fauzi, Senin (20/6).

 

Lebih lanjut Faruk menuturkan, besok di hari kedua akan dilakukan  pemilahan sampah, composting dan lain-lain. “Puncaknya sampai nanti hari Sabtu depan yaitu tanggal 25 Juni 2022 akan dilaksanakan kerja bakti massal  dalam rangka PGJSS,” jelasnya.

 

Ia berharap program ini efektif dalam upaya pengurangan sampah dari sumbernya. “Dengan adanya PGJSS ini semoga bisa menjadikan budaya hidup bersih bagi masyarakat Johar Baru,” tambahnya.

 

Sementara ketua BPS RW 09 Leli Fauzi sangat mendukung program PGJSS. “Dengan adanya program ini, mudah-mudahan warga semakin berperan aktif dalam pengelolaan sampah dari sumbernya yaitu dari rumah,” ungkapnya.

 

Ucapan yang sama juga dilontarkan Ketua BPS RW 05 Efi Dalia mengatakan, memang seharusnya ada program seperti ini sehingga bisa menjadi gaya hidup. “Sosialisasi tetap harus kita dengungkan, agar masyarakat sadar dalam pengelolaam sampah, “ tandasnya.