Pj Gubernur Minta Perbaikan Pasar Jadi Percontohan di Jakpus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) menghadiri rakorwil. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) Tingkat Kota, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (5/12).

Heru mengatakan, kedatanganya untuk bersilaturahmi dengan para ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus). "Ini biasa muter dan menyapa, kemarin di Jakarta Timur dan sekarang Jakarta Pusat," katanya, didampingi Asisten Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Sigit Widjatmoko dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Maria Qibtya.

Ia juga memaparkan sejumlah persoalan perkotaan yang perlu segera ditindaklanjuti di antaranya, perawatan pohon dan ruang terbuka hijau, sterilisasi jalur sepeda, tumpukan puing dan sampah di kolong perlintasan kereta api dan optimalisasi pengawasan sampah dengan menggunakan drone.

“Semua unit harus turun. Nanti saya akan keliling ke kantor kelurahan dan kecamatan. Pada saat waktu kosong saya meluncur ke sana untuk meninjau,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Heru juga meminta Perumda Pasar untuk memberikan rekomendasi pasar yang akan menjadi percontohan pasar di Jakarta Pusat.

"Saya sudah minta PD Pasar merapikan. Saya ingin pasar itu bersih, terutama saluran dan sanitasinya. Aktivitas dagang yang rapi, parkir difungsikan dengan baik, termasuk toiletnya,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, Sudin-sudin, camat-lurah akan melakukan beberapa arahan yang telah diberikan termasuk perapihan tiga pasar.

"Pj Gubernur meminta pasar-pasar dibenahi. Ada tiga pasar yang akan ditata, dibenahi, dirapikan seperti Pasar Serdang, Pasar Rawa Kerbau Rawasari dan Pasar Nangka Bungur," ucapnya.

Rapat ini dihadiri pimpinan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan lurah, termasuk beberapa BUMD seperti Perumda Sarana Jaya dan Perumda Pasar Jaya.