PKK Jakpus Kolaborasi dengan Emina Cheese Sosialisasikan Kreasi Menu Makanan Bergizi

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi menu makanan B2SA di Aula Kantor Kecamatan Tanah Abang, Selasa (19/7). Foto: Berlian Sigit

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Emina Cheese melakukan sosialisasi kreasi menu makanan Bergizi Beragam Seimbang, dan Aman (B2SA) di Aula Kantor Kecamatan Tanah Abang, Selasa (19/7).

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan, kegiatan sosialisasi kreasi menu B2SA ini dilakukan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan ketahanan keluarga, setelah pasca-panen dari kegiatan kelas berkebun.

Ucu menjelaskan, para kader PKK sebelumnya telah mengikuti kelas berkebun dan melakukan kegiatan berkebun. "Kelas berkebun ini hasilnya diolah menjadi menu yang isinya B2SA. Kita kolaborasi dengan Emina, untuk membuat bagaimana hasil panen ini bisa dibuat menu yang menarik, menu yang sangat bergizi, berimbang, sehat dan aman," ungkapnya.

Ucu menerangkan, selain di Kecamatan Tanah Abang, kegiatan yang sama juga akan dilakukan di tujuh kecamatan lainnya di Jakpus secara bertahap. Selain itu, kegiatan ini juga akan dilakukan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Nantinya, dari rangkaian acara di delapan kecamatan ini akan diadakan lomba kreasi menu B2SA.

"Kita akan apreasiasi kreasi menunya tanggal 18 Agustus 2022 mendatang jika tak ada perubahan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Utami mengharapkan para kader PKK yang hari ini mengikuti kegiatan sosialisasi mendapatkan pengetahuan bagiamana membuat kreasi menu B2SA yang menarik untuk anak-anak.

"Diharapkan ini menjadi motivasi para kader untuk membuat mengolah menu yang biasa menjadi luar biasa yang disukai anak-anak, " katanya.

Selain kegiatan sosialisasi, kegiatan ini juga diisi dengan seminar gizi dari Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, dan Demo Masak membuat menu Brulle Bomb.