Plt Wakil Wali Kota Jakpus Minta UKPD Tingkatkan Capaian Pajak

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Monev PBB, PKB, di Ruang UPPL. Foto: Fairuz Magang

Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin meminta jajaran UKPD meningkatkan capaian pajak di berbagai sektor.

Hal ini diungkapkannya saat rapat monitoring dan evaluasi (Monev) PBB, PKB, di Ruang UPPL, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (2/12).

Dalam kesempatan ini, Iqbal menekankan, agar penerimaan pajak dari sektor hiburan dan parkir yang ada di wilayah ditingkatkan. UKPD harus lebih ketat mengidentifikasi persoalan yang bisa mempengaruhi pendapatan pajak.

"Jadi kita upayakan peningkatan pajak di sektor lain seperti hiburan dan parkir. Untuk parkir ini kendalanya orang sudah mengunakan jasa online, sehingga tidak ada yang parkir. Harus identifikasi lagi terkait fenomena ini," jelasnya.

Selain itu, pajak yang juga disoroti adalah Pajak Air Tanah (PAT) terkait hal ini, Iqbal menginstruksikan agar dibentuk tim perangkat kelurahan untuk melakukan pendataan kos-kosan yang menggunakan air tanah.

"Harus diidentifikasi lagi rumah kos, karena ini banyak di wilayah. Bahkan di atas 10 pintu, tidak menutup kemungkinan mengunakan air tanah," terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bapenda Kota Administrasi Jakarta Pusat Erwin Arsyat menerangkan, hingga akhir November lalu pendapatan pajak di Jakpus untuk sektor pajak berdasarkan jenis pajak mencapai 78,85 persen dari target capaian Rp8.4 triliun Sementara realisasi pajak dari penerimaan PBB-P2 sampai akhir November tercatat 73,65 persen dari target Rp1.7 triliun.