Posyandu Balita di RW 06 Kelurahan Kampung Rawa Berjalan Kembali

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanaan posyandu balita di RW 06, Kelurahan Kampung Rawa. Foto: Malik Maulana

Lurah Kampung Rawa Ferri Zahrudin bersama Kepala Puskesmas Kelurahan Kampung Rawa Rodlisany Tobing melakukan monitoring Posyandu Balita di RW 06, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (21/10).

Ferri mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap bulan untuk melihat tumbuh kembang anak dari usia 1 sampai dengan 5 tahun.

"Alhamdulillah posyandu balita sudah berjalan kembali dan rutin setelah pandemi Covid-19 melandai, sehingga perkembangan anak-anak jadi lebih bagus ditambah pemberian makanan tambahan (PMT) yang kita sediakan untuk balita," katanya.

Ferri menuturkan antusias masyarakat untuk datang membawa anaknya ke Posyandu terus meningkat.

"Waktu Covid-19 pelayanan posyandu distop sementara, saat ini sudah berjalan kembali dan antusias masyarakat cukup baik. Warga kita umumkan melalui pengeras masjid dan melalui RT-RW  untuk mendatangi lokasi posyandu yang ada di Kelurahan Kampung Rawa," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kelurahan Kampung Rawa Rodlisany Tobing mengungkapkan, para kader posyandu menjalankan perannya dengan baik karena telah mendapatkan pembinaan dari puskesmas.

"Pembinaan kepada para kader posyandu terus kita lakukan setiap enam bulan sekali, seperti teknis pemeriksaannya," ungkapnya.

PMT-nya pun, lanjut Rodlisany, cukup bagus sesuai dan gizinya mencukupi. "Kita selalu memantau PMT, pantas atau tidak untuk diberikan dan tentunya menyehatkan untuk anak-anak seperti misalnya, kacang Ijo, bubur gitu yang cukup gizinya untuk sarapannya," ucapnya.

"Untuk masyarakat yang memiliki anak balita tolong dibawa, karena posyandu ini adalah dari masyarakat untuk menyehatkan masyarakat. Kami dari puskesmas selalu siap untuk menopang kegiatan posyandu dan kegiatan lainnya yang dilakukan oleh masyarakat," tutupnya.