Program IKRA Wujudkan Jakarta Sebagai Kota Literasi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Program Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan Ketiga. Foto: pusat.jakarta.go.id

Puluhan peserta Program Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan Ketiga mendapat apresiasi penghargaan dari Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Penyerahan apresiasi tersebut berlangsung di Aula Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (8/9).

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi menjelaskan, IKRA Triwulan Ketiga digelar di lima kelurahan di antaranya, Cideng, Duri Pulo, Cempaka Putih Barat, Cempaka Putih Timur dan Petojo Selatan. Diikuti sebanyak 484 Kepala Keluarga (KK) peserta yang telah berlangsung sejak tanggal 8 hingga 21 Agustus 2022 lalu.

"Kami menyerahkan apresiasi kepada 10 peserta terbaik dari masing-masing kelurahan yang mengikuti IKRA Triwulan Ketiga," ujar Irwan.

Irwan menuturkan, kegiatan ini digelar bertujuan agar selama masa pandemi masyarakat memiliki alternatif kegiatan yang positif dan bermanfaat di rumah.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak yang termotivasi dan mendorong anak-anak di Jakarta Pusat giat membaca dan semangat ber-literasi," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan, IKRA merupakan kegiatan literasi yang bertujuan membangun kebersamaan dalam lingkup keluarga untuk meningkatkan minat baca serta mendorong daya baca di kalangan keluarga. Serta partisipasi warga DKI Jakarta untuk mendukung Kota Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca.

Ia menambahkan, TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat mendukung penuh kegiatan IKRA dan menyampaikan terima kasih kepada Sudin Pusip, yang melibatkan peran PKK kelurahan dan sekolah dalam mensukseskan kegiatan ini.

"Semoga peserta yang ikut kegiatan IKRA semakin banyak di setiap triwulannya, sehingga kita bisa mewujudkan Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca," tutupnya.