Program KMG Bank DKI Permudah Pinjaman Usaha Bagi LMK

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi membuka sosialisasi tentang tupoksi LMK dan KMG. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi memimpin sosialisasi tentang tugas dan fungsi Forum Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan program Kredit Multi Guna (KMG) Bank DKI di RPTRA Borobudur, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Selasa (5/7).

Irwandi mengatakan, Bank DKI memberi kesempatan kepada anggota LMK di wilayah Jakarta Pusat untuk memanfaatkan KMG yang dapat digunakan untuk membuka usaha, keperluan sekolah anak, ataupun kepentingan lainnya.

Ia juga mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Forum LMK Kecamatan Menteng dan mengimbau kepada anggota LMK untuk memanfaatkan peluang ini, baik itu untuk keperluan usaha ataupun untuk keperluan sekolah anak.

"Dari pada pinjam uang di rentenir lebih baik di Bank DKI, kan tahu sendiri kalau ke rentenir bunganya gede. Bank DKI memberikan kemudahan dan lebih nyaman, kalau pinjam ke Bank lain kan lebih sulit. Manfaatkan peluang ini untuk usaha ataupun anak sekolah," katanya didampingi Sekcam Menteng Utari dan Lurah Pegangsaan Sendi Yusuf Maulana.

Sementara itu, Kepala Cabang Pembantu Bank DKI Cikini Nasrullah menjelaskan, tujuan diadakannya sosialisasi Kredit Multi Guna Bank DKI kepada anggota LMK yaitu, selain untuk meningkatkan kolaborasi antara Bank DKI dengan Pemerintah Kota (Pemkot) juga untuk meningkatkan taraf kesejahteraan petugas LMK.

"Besaran pinjaman ini mengikuti sisa jangka waktu jabatan sebagai LMK, dengan potongan maksimal 50 persen dari gaji yang  diterima di Bank DKI. Adapun syaratnya harus memiliki SK sebagai LMK dan memiliki sumber penghasilan yang lain," ungkapnya.