Program Pangan Bersubsidi Dekatkan Warga Rusun Jati Rawasari

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puluhan warga mengantre bahan pangan bersubsidi di rumah susun (Rusun) Jati Rawasari RT 06/013, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Program pangan bersubsidi ini merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama PT Food Station Tjipinang Jaya (FSTJ), Perumda Pasar Jaya, dan Perumda Dharma Jaya.

Pengelola Rusun Jati Rawasari Kartono mengatakan, pada satu minggu sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada warga terkait program pangan bersubsidi ini.

"Biasanya warga mengambil pangan bersubsidi di Pasar Jaya, kali ini dapat langsung mengambil di Rusun. Kegiatan Ini sudah berlangsung sejak kemarin, hanya untuk proses pembayaran. Ada 68 orang yang membeli bahan pangan, hari ini pengambilan bahan pangan dengan syarat mempunyai Kartu Rusun dan KJP dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes)," jelas Kartono saat dikonfirmasi, Jumat (4/2). 

"Alhamdulillah, semua warga patuh dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dan mencuci tangan dan tidak berkerumun. Untuk antrenya dibuat dengan cara sistem bangku geser," imbuhnya.

Program pangan bersubsidi ini, lanjutnya, berupa beras kualitas premium, telur, daging, ikan kembung, dan susu UHT kemasan karton.

Sementara itu, salah satu penghuni Rusun Blok B 308 Kuny (34) mengaku  senang karena pengambilan pangan bersubsidi tidak perlu jauh, yang sebelumnya mengambil pangan bersubsidi di Pasar Jaya.

"Wah seneng banget nih ngambil pangan subsidi jadi dekat, kalau bisa seterusnya seperti ini. Tadi saya membeli menggunakan KJP seperti susu Rp 30.000/dus, beras 5 kg Rp 30.000, dan daging 35.000/kg," jelasnya.

Menurutnya, program pangan bersubsidi dari pemerintah sangat membantu sekali. Sebab harganya dengan di pasar jauh. "Dengan harga 100 ribu kita bisa membeli berbagai macam pangan," tandasnya.