Program Pemagangan Dinilai Kurangi Pengangguran

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin Ketenagakerjaan Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kasudin Ketenagakerjaan Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat menilai, program pemagangan yang dilakukan perusahaan dapat mengurangi pengangguran.

Menurutnya, mengurangi pengangguran merupakan target Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat. Sehingga, dengan adanya program pemagangan yang dilakukan perusahaan dapat menjadi program pelatihan untuk meningkatkan skill para pesertanya.

“Pemagangan ini dilakukan sebagai bagian dari pelatihan peserta. Tujuannya untuk meningkatkan skill peserta, kalau sudah punya skill artinya, peserta punya nilai tawar di pasar kerja,” ungkapnya.

Dengan pelatihan dan peningkatan skill ini, lanjutnya, Sudin Nakertransgi mengharapkan ke depan banyak penyerapan tenaga kerja di pasar kerja. Sehingga tentunya pengangguran yang ada setiap tahunnya akan berkurang.

“Target tahun 2030 itu bagaimana mengatasi pengangguran terbuka. Karena kalau habis mustahil karena Jakarta kan kota terbuka,” tandasnya.