Puskesmas Bersama Jumantik Kelurahan Petamburan Lakukan PSN

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

PSN di RW 04, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (27/5). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puskesmas bersama Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Petamburan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RW 04, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (27/5).

Lurah Petamburan Setiyanto mengatakan, kegiatan PSN merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap Jumat untuk mencegah perkembangan nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah (DBD). "Kita bagi petugas Jumantik-nya ke 14 RT yang ada di RW 04," katanya.

Setiyanto bersyukur saat melakukan PSN tidak ada ditemukan jentik, namun perlu adanya peningkatan kebersihan lingkungan. "Kita imbau tadi untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah dari sumbernya," ucapnya.

"Semoga warga di setiap rumah bisa memiliki jumantik mandiri agar wilayah  Petamburan bisa bebas dari kasus demam berdarah,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kelurahan Petamburan Martha mengaku bahwa PSN ini sangat besar pengaruhnya terhadap pencegahan demam berdarah yang ada di wilayah. "Perkembangan penyakit DBD di Kelurahan Petamburan tidak terlalu signifikan, hanya ada dua kasus," ucapnya.

Ia juga berharap dengan PSN masyarakat mempunyai keinginan untuk membersihkan dan memantau jentik di rumahnya masing-masing. "Kami bersama kelurahan dan lintas sektor terus memotivasi masyarakat dengan memberikan penyuluhan tentang penyakit tidak menular. Dan di wilayah kami minimal sekali penyakit tidak menular," tutupnya.