Puskesmas Bersama Jumatik Kelurahan Cempaka Putih Lakukan PSN

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

PSN di RT 07 RW 06 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (12/4). Foto: Malik Maulana

Puskesmas bersama Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Cempaka Putih melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di RT 07 RW 06 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (12/4).

"Hari ini ada 14 rumah yang kita pantau, ada empat rumah yang terdapat jentik, angka bebas jentik kita 78,5 persen dari yang seharusnya minimal 95 persen," ucap Kepala Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Timur Fitrisia Rahma.

Fitrisia mengungkapkan, angka demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur saat ini sedang naik, bahkan ada dua warga yang positif terjangkit DBD, sehingga PSN terus diperketat.

"Kita perketat lagi PSN agar tidak ada jentik-jentik yang terlewat. Sejak Januari kegiatan PSN dilaksanakan dua kali dalam seminggu yaitu setiap hari Selasa dan Jumat," ungkapnya.

Dalam PSN ini pihaknya juga melakukan edukasi kepada warga untuk menyadari terhadap air yang menggenang untuk mencegah jentik-jentik nyamuk berkembang biak.

"Kita edukasi warga juga untuk memperhatikan genangan di tempat-tempat yang mungkin luput dari perhatian seperti, pot yang ada tatakannya, tampungan air AC, dan dispenser, semoga angka DBD berkurang," ujarnya.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh warga, salah satunya Edy Sutiono warga Kelurahan Cempaka Putih Timur, ia mengaku mendukung PSN karena dapat mengingatkan untuk peduli dan mencegah warga terjangkit DBD.

"Nyamuk sepertinya sepele namun, bisa berakibat fatal. Harapan kami terus diingatkan dan cek agar kami tidak terjangkit DBD," tuturnya.