Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Luncurkan Posyandu Remaja Sakura

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih meluncurkan Posyandu Remaja Sakura. Foto: Malik Maulana

Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih meluncurkan Posyandu Remaja Sakura, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rawasari Ceria RW 01, Kelurahan Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (27/5).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan, posyandu remaja ini merupakan pertama di wilayah Kecamatan Cempaka Putih mengikuti wilayah lain di Jakarta Pusat.

"Posyandu remaja ini sangat penting karena fase remaja adalah fase transisi, sehingga harus dibekali dengan ilmu atau pengetahuan yang positif," katanya.

Erizon menuturkan, selain untuk memantau kesehatan secara umum baik fisik dan mental, posyandu remaja ini juga bisa memberikan edukasi mengenai kesehatan jiwa, kesehatan reproduksi wanita dalam mempersiapkan diri untuk melahirkan generasi-generasi emas.

"Posyandu ini dibentuk juga sebagai sarana positif remaja pada umumnya dan untuk mencegah hal-hal negatif seperti, narkoba dan lain-lain," tuturnya.

Erizon mengungkapkan, pelayanan yang ada di posyandu remaja ini mulai dari pencatatan, penimbangan, pengukuran, dan diberikan edukasi serta survei kesehatan. "Para remaja mari kita datangi posyandu untuk memantau status kesehatan dan berbagi informasi positif," ucapnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Ayi Sasmita menyambut baik dan berterima kasih atas diluncurkannya Posyandu Remaja Sakura, agar bisa memantau kesehatan para remaja dan memberikan edukasi kepada para remaja di wilayahnya.

"Terima kasih Pak Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, pak lurah dan pak camat ini merupakan apresiasi yang sangat besar untuk kami, sehingga para remaja kami aktif dan seluruh remaja bisa lebih mengerti arti kesehatan," katanya.

Di tempat yang sama, Anggota Karang Taruna Kelurahan Rawasari Gita mengatakan, posyandu ini sangat penting untuk mengetahui kesehatan  dan bisa mengarahkan pergaulan yang positif bagi para remaja.

"Usia remaja merupakan masa yang rentan dan labil. Untuk itu, posyandu ini juga bisa berkonsultasi dan memberikan edukasi kepada para remaja," katanya.

Gita juga akan melakukan sosialisasi kepada remaja dengan menggunakan sosial media untuk mengajak mendatangi Posyandu Remaja Sakura ini. "Semoga Posyandu Remaja Sakura ini berjalan lancar dan bisa mengajak dan merangkul remaja yang ada di Cempaka Putih," tutupnya.