Puskesmas Kecamatan Gelar Vaksinasi Booster Keliling di Pasar Tanah Abang

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang berkolaborasi dengan tiga pilar  menggelar vaksinasi dosis ketiga atau Booster secara mobile (keliling) di Pasar Tanah Abang, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (8/4).

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Sari Ulfa Nardia mengatakan, vaksinasi keliling ini merupakan program untuk mendukung percepatan vaksinasi Booster yang digalakkan pemerintah dengan menyasar para pengunjung pasar.

"Vaksinasi kita laksanakan dengan lintas sektor bersama tiga pilar dan Marinir AL secara keliling. Ini merupakan hari pertama di Pasar Tanah Abang untuk menyasar masyarakat yang ada di pasar, sebelumnya kita laksanakan di Thamrin City, dan Pasar Tanah Abang Blok A," katanya.

Sari menjelaskan, vaksinasi booster keliling di Pasar Tanah Abang ini akan digelar selama dua hari, tanggal 8-9 April 2022 dengan menyediakan kuota 120-150 vaksin jenis AstraZaneca.

"Kita mulai jam 08.00-12.00 WIB. Sementara hari ini dan besok, selanjutkan akan kita lihat apa akan di sini kembali atau di tempat lain, karena Tanah Abang banyak pasar," jelasnya.

Menurut Sari, kehadiran vaksinasi keliling ini juga untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi, terlebih dengan adanya peraturan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi Booster untuk mudik tanpa melakukan tes PCR ataupun Antigen terlebih dahulu. Sehingga diprediksi masyarakat yang melakukan vaksinasi Booster akan meningkat.

"Jadi kita mempercepat dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Booster," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty mengungkapkan, vaksinasi ini sengaja diselenggarakan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi.

"Kampung Bali merupakan sentra ekonomi yang dikenal se-Asia tenggara, memasuki bulan Ramadan aktivitas di sini juga lebih ramai. Maka kita gelar vaksinasi untuk memudahkan penjual dan pengunjung yang belum melakukan vaksinasi untuk mendapatkan vaksin," ungkapnya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi di lokasi tersebut cukup bagus, dihari pertama yang melakukan vaksinasi sudah hampir mencapai kuota yang disediakan.

"Hari pertama cukup bagus, tadi sudah 70 orang yang melakukan vaksinasi, kita harap besok lebih banyak lagi. Tidak menutupi siapa saja bisa vaksin yang penting memiliki e-tiket vaksin dosis ketiga," tutupnya.