Rayakan Malam Imlekmu di Kawasan Wisata Kuliner Pecenongan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kawasan wisata kuliner Pecenongan. Foto: Maulana

Chinese New Year atau Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili yang jatuh pada 1 Februari 2022
merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kalangan Tionghoa.

Beragam kebiasaan masyarakat Tionghoa di DKI Jakarta saat Imlek tiba misalnya berkumpul dan makan malam bersama keluarga, menjadi salah satu tradisi atau hal yang tidak boleh terlewatkan.

Makan malam bersama memiliki makna kebersamaan dan keutuhan keluarga dalam menyambut Imlek serta bersama-sama mensyukuri kehidupan.

Baca Juga: 

Vihara Dharma Jaya Bersiap Menyambut Tahun Baru Imlek

Di wilayah Jakarta Pusat ada banyak tempat kuliner khas Tionghoa yang kental nuansa Imlek-nya. Salah satunya adalah kawasan kuliner Pecenongan yang berada di daerah Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Pusat wisata kuliner yang sudah ada sejak puluhan tahun silam ini memang dikenal dengan surganya makanan lezat bagi pecinta kuliner, khususnya ragam masakan khas Tionghoa. Cocok untuk memeriahkan Imlek.

Banyak makanan khas Tiongkok yang bisa ditemui di tempat ini, seperti bebek peking, bakmi, gurame, sate babi, sop bakut, hingga berbagai macam dimsum.

Mulai dari makanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima hingga restoran, semuanya dapat ditemukan di sini.

Menu yang ditawarkan juga tidak terbatas pada makanan Tiongkok saja. Ada juga makanan khas Indonesia semisal, nasi uduk, martabak, bubur, dan masih banyak lainnya.

Andy salah satu pegawai warung kuliner Tiongkok (chinese food) mengatakan, malam Imlek tahun lalu tempat ini juga ramai oleh pemesan melalui layanan pesan antar.

"Tahun lalu kebanyakan yang sudah memesan untuk dibawa pulang atau memesan melalui aplikasi pesan antar Go Food atau Grab Food," katanya.

Lokasi kawasan wisata kuliner Pecenongan ini cukup mudah karena lokasinya yang sangat strategis berada di pusat kota Jakarta.

Letaknya tak jauh dari Stasiun Juanda atau Istana Kepresidenan Jakarta. Jika menggunakan transportasi publik, lokasi ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari halte Transjakarta Pecenongan atau Stasiun Juanda.