Remaja Warga Kelurahan CPT Manfaatkan Rooftop Masjid Hubbul Wathon Tanam Buah Anggur

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari meninjau tanaman buah anggur di rooftop Masjid Hubbul Wathon. Foto: pusat.jakarta.go.id

Remaja warga Kelurahan Cempaka Putih Timur kembali berhasil memanfaatkan rooftop untuk menanam tanaman buah anggur, di Masjid Hubbul Wathon, Jalan Cempaka Putih Tengah XXVI G, RT 17 RW 04, Kecamatan Cempaka Putih, Jumat (1/4).

Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengatakan, pemanfaatan lahan dengan luas 200 meter persegi untuk menanam buah anggur berbagai jenis varian sangat membanggakan.

"Saya bangga ya, di masa pandemi saat ini banyak hal-hal positif yang bisa dihasilkan dari warga Cempaka Putih Timur. Salah satunya yang dilakukan remaja Masjid Hubbul Wathon mengembangkan kebun buah anggur di rooftop," ucapnya.

Menurutnya, kesuksesan tersebut dapat menjadi contoh untuk dapat dikembangkan di kantor kelurahan. Nantinya, PPSU kelurahan akan mendapatkan pendampingan dari Ahmad Zaini selaku penggiat kebun anggur di Masjid Hubbul Wathon.

"Kedepannya saya akan mengembangkan buah anggur di Kantor Kelurahan Cempaka Putih Timur. Saya sudah minta Pak Ahmad dan Satpel KPKP kecamatan untuk melakukan pendampingan kepada PPSU namun, kita butuh persiapkan media tanam dahulu," ucapnya.

Bak Gayung bersambut, Niat Shinta diamini Penggiat Kebun Anggur Masjid Hubbul Wathon Ahmad Zaini. Dirinya bersedia untuk mendampingin PPSU melakukan pengembangan buah anggur.

Ahmad Zaini bersama dengan murid remaja masjid telah berhasil mengembangkan dan membuahkan tanaman anggur dalam waktu kurang dari tujuh bulan. Adapun jenis buah anggur yang dikembangkan yaitu, trans gurasion, jupiter seedles, banana grafting, baikonur grafting, dan gozy.

"Sebenarnya perawatan buah anggur tidak sulit, hanya membutuhkan matahari yang cukup serta penyiraman hanya dilakukan satu kali dalam sehari. Nanti saya akan bawa beberapa bibit untuk dilakukan penanaman di kantor kelurahan, agar kawasan Cempaka Putih Timur semakin asri," ucapnya.

Menurut Ahmad Zaini, perawatan yang ada di rooftop masjid ini dilakukan secara rutin setiap harinya. Pihaknya dibantu oleh puluhan remaja masjid untuk melakukan penyiram dan pemupukan.

Saat ini, Ahmad akan fokus pada tanaman buah anggur, karena jenis buah anggur banyak variasinya.

Sementara itu, Kasatpel KPKP Kecamatan Yuna menambahkan, akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan untuk kegiatan tanaman anggur di beberapa titik lokasi, walaupun lahan terbatas di Cempaka Putih Timur. Pembinaan ini dalam rangka untuk memenuhi ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Cempaka Putih.

"Kami selalu siap apabila ada warga yang membutuhkan pendampingan dan pembinaan. Melihat kebun anggur ini saya sangat tertarik karena penggiat kebun ini sangat kreatif dan berinovasi bahwa tidak hanya satu jenis buah anggur namun bervariasi. Kebun anggur di rooftop ini yang pertama, biasanya di  tempat lain hanya tanaman sayuran saja," ujarnya.