RPTRA Gondangdia Jadi Sentra Vaksinasi Dosis Ketiga di Kecamatan Menteng

Reporter: Maulana Yusuf | Editor: Shendy Adam

Petugas menginput data pada saat vaksinasi ketiga di RPTRA Gondangdia, Jumat (14/1)

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Gondangdia dijadikan sentra vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster di wilayah Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Wakil Camat Menteng, Suprayogi mengatakan, pemilihan RPTRA Gondangdia dikarenakan lokasi yang strategis. "Karena di puskesmas kecamatan parkirannya sempit dan di (kantor) kecamatan juga banyak pelayanan lainnya.  Sudah lama kami menggunakan RPTRA ini sebagai sentra vaksinasi Kecamatan Menteng," katanya.

Yogi melanjutkan, jika peserta vaksinasi melonjak dan melebihi kapasitas, pihaknya akan menambah lokasi lain untuk dijadikan sentra vaksinasi booster. "Nantinya jika melonjak permintaan vaksinasi kami akan menambah lokasi sentra vaksinasi agar tidak meluber peserta vaksinasi di RPTRA Gondangdia ini," ucapnya.

Sementara itu, dr Berlian Situmeang, PIC Vaksinasi Puskesmas Kecamatan Menteng memaparkan kuota vaksinasi  di lokasi ini menyesuaikan dari vaksin yang diterima dari Kementerian Kesehatan."Untuk kuota kita menyesuaikan dari jenis vaksin yang diterima dan fasilitas serta petugas yang ada. Hari ini total yang kami terima 200 orang. Sentra vaksinasi ini dibuka setiap hari senin hingga jumat, " paparnya.

Melihat antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga, pihak Puskesmas Kecamatan berencana menambah jam layanan ataupun tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas. Di RPTRA Gondangdia ini  jenis vaksin yang disediakan meliputi Astra Zaneca (AZ), Moderna dan Pfizer.

"Sesuai arahan  untuk yang dosis 1 dan 2 Sinovac maka untuk dosis ketiganya Pfizer, sementara untuk yang dosis 1 dan 2 Astra Zaneca maka kita berikan dosia ketiganya Moderna," pungkasnya.