RPTRA Kenanga Pertama Berdiri di Jakpus Rayakan HUT ke-7

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemotongan nasi tumpeng tanda puncak perayaan hari jadi ke-7 RPTRA Kenanga. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adminkesra) Setko Jakarta Pusat (Jakpus) M Fahmi menghadiri puncak perayaan hari jadi ke-7 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kenanga, Jalan Obira, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Senin (30/5).

Fahmi mengatakan RPTRA Kenanga merupakan RPTRA pertama yang berdiri di Jakarta Pusat dan menjadi prototipe untuk 49 RPTRA lainnya.

"RPTRA inilah pijakan pertama dan menjadi contoh RPTRA lainnya di wilayah Jakarta Pusat. Wajar bila RPTRA Kenanga yang selalu menjadi rujukan baik ketika Perdana Menteri Denmark, bahkan Puteri Presiden Indonesia pertama Karina Kartika Sari Dewi Soekarno pernah hadir di sini," katanya didampingi Camat Gambir Fauzi.

Dalam kesempatan ini Fahmi sedikit bercerita tentang sejarah perjalanan terbangunnya RPTRA Kenanga, di mana awalnya penuh pertentangan kemudian penuh kedamaian dan diisi dengan aneka kegiatan.

"Saya ingat betul pesan Ibu Nita, bila RPTRA ini berdiri pengajian harus tetap ada, dan sampai hari masih ada pengajiannya," ucapnya.

"Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat  mengucapkan selamat dan luar biasa atas ulang tahun RPTRA Kenanga yang diisi oleh aneka kegiatan lomba sejak bulan Ramadan lalu dan puncaknya hari ini," imbuhnya.

Fahmi berharap semakin bertambahnya usia RPTRA Kenanga ini semakin banyak kegiatan dan digandrungi oleh seluruh masyarakat.

"Semoga tetap menjadi contoh dan semakin banyak kegiatan yang dilakukan di RPTRA Kenanga karena RPTRA ini dibangun, disediakan untuk balita, dan lanjut usia," harapnya.

Sementara itu, Lurah Cideng Agus Aripianto menjelaskan, kegiatan ini merupakan puncak acara dari kegiatan rangkaian lomba dalam rangka HUT ke-7 RPTRA Kenanga yang diselenggarakan sejak bulan Ramadan lalu.

"Lombanya meliputi lomba Hafidz Qur'an, Adzan, mewarnai, video kreatif, dan lomba senam. Dengan PPKM level 1 ini kami mulai kembali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di RPTRA ini," jelasnya.

Dalam perayaan HUT ke-7 RPTRA Kenanga ini diisi dengan penampilan seni dari warga Kelurahan Cideng, pemberian santunan, dan acara hiburan lainnya serta  bazar.