Saluran di Lingkungan RW 03 Kelurahan Tanah Tinggi Dikeruk

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kerja bakti gerebek lumpur di RW 03 Kelurahan Tanah Tinggi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Petugas gabungan melakukan pengerukan pada sejumlah saluran mikro saat kerja bakti gerebek lumpur, di RW 03 Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat pada hari Minggu (6/3) kemarin.

Lurah Tanah Tinggi Sunardi menjelaskan, pada kerja bakti gerebek lumpur tersebut dipimpin langsung Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri. Dan mengerahkan 100 personel terdiri dari Satgas Sumber Daya Air, Bina Marga, PPSU, Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Hutan Kota, Satpol PP, Perhubungan, Dewan Kota, FKDM, RT, RW, LMK dan Unsur masyarakat.

"Seluruh saluran air mikro di lingkungan RW 03 telah kita keruk. Hal ini dilakukan untuk antisipasi genangan jika terjadi hujan lebat," kata Sunardi saat dikonfirmasi, Senin (7/3),

Menurutnya, pada kerja bakti gerebek lumpur kemarin dipusatkan di RW 03, karena ada beberapa saluran air mikro mampet oleh endapan lumpur yang sudah tinggi dan dipenuhi sampah. Sehingga jika hujan lebat dapat mengakibatkan genangan.

Sunardi juga mengimbau bagi seluruh warga di lingkungan RW 03 setelah saluran dikuras supaya dapat menjaga salurannya, dan buanglah sampah pada tempatnya.

"Saya mengimbau kepada warga tidak lagi membuang sampah sembarang agar saluran tetap bersih dan aliran airnya menjadi lancar. Dan mudah-mudahan dengan dikeruk-nya saluran air mikro ini, wilayah RW 03 tidak ada lagi genangan," katanya.