Saluran Kebon Sirih Timur Dalam RW 05 Dikuras Sudin SDA

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Satpel SDA Kecamatan Menteng melakukan pengurasan saluran air. Foto: pusat.jakarta.go.id

Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Menteng melakukan pengurasan saluran air di Jalan Kebon Sirih Timur Dalam RW 05 Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Menteng Yopi Maidiza Siregar mengatakan, pengurasan saluran sepanjang 220 meter ini merupakan tindak lanjut hasil usulan Musrenbang 2021/2022, terkait tebalnya sedimen di saluran tersebut.

Pengerjaan saluran ini, lanjut Yopi, sudah 50 persen. Pengerjaan juga sudah dilakukan sejak 16 Maret lalu. Adapun target penyelesaian pengurasan ini pada pertengahan bulan April.

"Ketebalan lumpur di saluran ini sekitar 40-50 sentimeter, sedangkan ketinggian saluran 100 sentimeter dan lebar 60 sentimeter. Jika tidak segera dikuras, akan menimbulkan genangan dan penyumbatan saluran," terang Yopi, saat dikonfirmasi, Selasa (5/4).

Terkait jumlah lumpur yang sudah diangkut, Yopi mengungkapkan, sudah 19,2 meter kubik diangkut petugas. Sementara, jumlah petugas yang dikerahkan untuk melakukan pengurasan ini sebanyak 12 orang.

"Pengurasan diharapkan dapat membuat saluran berfungsi kembali dan dapat menampung debit air saat hujan turun. Serta mengatasi permasalahan genangan di RW 05," tandasnya.