Saluran Mampet di Jalan Setia Kawan XI Duri Pulo Dikuras Petugas SDA

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satgas SDA Kecamatan Gambir melakukan pengurasan saluran. Foto: pusat.jakarta.go.id

Saluran mikro sepanjang 460 meter meliputi dua sisi Jalan Setia Kawan XI RW 08, Kelurahan Duri Pulo, dikuras Satgas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir.

Lurah Duri Pulo Suyono mengatakan, pengurasan tersebut atas usulannya karena saluran di jalan tersebut mampet dan sedimen lumpurnya tinggi.

"Usulan yang kami ajukan langsung ditindak lanjuti oleh SDA, semoga dengan pengurasan saluran mikro bisa menampung daya air sehingga dapat meminimalisir genangan di jalan,“ jelas Suyono, Kamis (16/6).

"Terima kasih kepada SDA Kecamatan Gambir yang telah merespon usulan kami melakukan pengurasan di wilayahnya. Mudah-mudahan setelah diangkat lumpurnya aliran air berjalan baik dan lancar," ucapnya.

Sementara itu, Kasatpel SDA Kecamatan Gambir M Imawan mengatakan, panjang saluran yang dikuras mencapai 460 meter dengan dimensi 60x60 cm dan ketebalan lumpur 50 cm.

Menurutnya, pengerjaan saluran ini sudah berlangsung sejak Senin (14/6). Selain melakukan pengurasan pihaknya juga memperbaiki tutup plat saluran yang rusak. Hasil pengerukan, lumpurnya dibuang ke PLTU Ancol.

"Pengerjaan itu sendiri melibatkan 24 satuan tugas (Satgas) SDA Kecamatan Gambir dengan menggunakan alat manual seperti, cangkul, linggis, adukan semen, ember, gerobak, gergaji, karung dan lain-lain," tutupnya.