Sambut HUT ke-77 RI, Apel Kebangsaan Tahun 2022 Digelar di Lapangan Banteng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memimpin Apel Kebangsaan Tahun 2022 di Lapangan Banteng. Foto: Maulana

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Apel Kebangsaan Tahun 2022 dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), serta mensukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (15/8).

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pembagian 10 juta bendera merah putih ke seluruh pelosok negeri untuk dikibarkan, bertujuan meningkatkan rasa kecintaan kepada Bangsa Indonesia yang telah merdeka 77 tahun. Dan meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme dalam rangka terus menjaga berbagai perbedaan yang ada sebagai anugerah.

"Kita tau di Indonesia banyak perbedaan suku, bangsa, bahasa, agama, adat istiadat, tapi itu anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa sebuah kekuatan yang harus kita jaga dan kita rawat, modal dasar kita adalah persatuan, persaudaraan, dan juga kebersamaan kita yang harus terus kita jaga itulah kekuatan kita untuk itulah apel dilaksanakan," katanya didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali dan Sekertaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin.

Selain itu, lanjutnya, apel ini dilaksanakan untuk memastikan semua bisa kompak dan bersatu melawan berbagai ancaman serta tantangan untuk memajukan bangsa Indonesia dan Kota Jakarta.

"Bagi seluruh warga Jakarta pada kesempatan ini mari kita jaga kota Jakarta yang semakin baik, semakin menarik, semakin keren, semakin maju tentunya yang lebih penting pembangunan infrastruktur yang semakin baik," ucapnya.

"Jauh lebih penting adalah kebersamaan kita, persaudaraan kita, kekompakan kita untuk saling membantu, mengisi, tolong menolong, marilah kita membangun kualitas sumber daya manusia yang lebih baik," imbuhnya.

Dalam apel ini, Wagub juga mengingatkan masih dalam pandemi Covid-19 agar bersama saling menguatkan dan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

"Apel akbar kebangsaan tahun ini merupakan momentum dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Serta untuk lebih menguatkan bangsa di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai saat ini termasuk mengantisipasi potensi peningkatan yang lainnya yang harus diwaspadai," kata Riza.

Riza juga berharap kepada generasi muda untuk tidak menyerah dengan kondisi saat ini dan harus terus berkreasi dan berinovasi.