Satgas SDA Angkut 540 Karung Lumpur Hasil Pengurasan Saluran di Jalan Tanah Abang I

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satgas SDA melakukan pengurasan saluran di Jalan Tanah Abang I. Foto: H. A. Daelani

Sebanyak 540 karung lumpur berhasil diangkat Satuan Tugas (Satgas)  Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir dari saluran disepanjang Jalan Tanah Abang I, Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat.

Kasatpel SDA Kecamatan Gambir Muhammad Imawan mengatakan, pengurasan saluran air di sepanjang Jalan Tanah Abang I bagian sisi kiri dan kanan sesuai surat permohonan Lurah Petojo Selatan.

"Selain menindaklanjuti permintaan lurah, pengurasan ini juga dilakukan dalam rangka pemeliharaan sistem drainase saluran," kata Imawan saat dikonfirmasi, Jumat (15/7).

Dia mengungkapkan, saluran air yang dikuras sepanjang 190 meter dan lebar 70 cm dengan ketebalan lumpur mencapai 30 cm ini melibatkan 24 Satgas dibantu dengan alat manual seperti, pacul, linggis, karung, dan sekop serta kendaraan operasional dump truk.

"Pengerjaan pengurasan saluran air tersebut sudah dilakukan sejak awal Juli 2022 lalu. Hari ini selesai tinggal steril angkutan saja. Sampah lumpur yang sudah dibuang ke PLTU Ancol Jakarta Utara sebanyak 85 meter kubik atau setara dengan 540 karung lumpur," tutup Imawan.