Satpol PP Kumpulkan 100 Gram Ranjau Paku di Jalan Letjen Suprapto

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penyisiran ranjau paku di Jalan Letjen Suprapto. Foto: Malik Maulana

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar operasi ranjau paku, di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (6/4).

Pengendali Lindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat Jhon Runisman mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pengguna kendaraan yang melintas.

"Sebenarnya operasi ranjau paku rutin dilaksanakan setiap hari Selasa namun, karena kemarin ada kegiatan lain maka dilakukan hari ini," katanya.

Menurut Jhon, di Jalan Letjen Suprapto merupakan salah satu lokasi di Jakarta Pusat yang rawan ranjau paku. "Jalan Suprapto ini termasuk jalan yang rawan ranjau pakunya selain di Jalan Kartini Raya, dan Gunung Sahari Raya," ucapnya.

Hasil operasi ranjau paku yang berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 10.30 WIB petugas mengumpulkan paku sekitar 100 gram yang terdiri dari paku, baut tajam, dan bekas potongan-potongan besi.

"Kita menggunakan magnet yang didorong secara manual dan magnet yang digantungkan di mobil patroli," ujarnya.

Jhon berharap operasi ranjau paku ini dapat dilakukan oleh dinas atau instansi lainnya bukan hanya dilakukan oleh Satpol PP saja. "Mari kita bersama-sama untuk menciptakan kenyamanan bagi  masyarakat saat melintas," tutupnya.