SDA Kecamatan Gambir Lakukan Normalisasi Saluran Mikro di Jalan Kebon Jahe VII

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satuan Tugas (Satgas) Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir melakukan normalisasi saluran mikro, di Jalan Kebon Jahe VII, Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat. Foto: Berlian Sigit

Guna mengantisipasi genangan air saat hujan lebat, Satuan Tugas (Satgas) Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir melakukan normalisasi saluran mikro, di Jalan Kebon Jahe VII, Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat.

Pengerjaan saluran air tersebut sudah berlangsung sejak satu minggu lalu dan pertengahan Maret 2022 rencananya selesai.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Gambir Muhammad Imawan mengatakan, normalisasi ini dilakukan karena di wilayah RW 02 Kelurahan Petojo Selatan masih ada sebagian titik-titik rawan genangan.

“Semuanya ada lima titik saluran yang akan dinormalisasi dan tersebar di RT 07, 08, 012 dan 015, dengan panjang saluran bervariasi mulai 35 meter sampai 50 meter. Totalnya ada 250 meter yang akan dikerjakan tahun ini,” kata Imawan di lokasi perbaikan saluran, Jumat (4/2).

Imawan mengungkapkan, normalisasi di Jalan Kebon Jahe VII merupakan penanganan kegiatan yang diusulkan dalam Musrenbang 2022/2023 ini. Jadi kegiatan usulan warga melalui Musrenbang untuk anggaran tahun 2023 langsung kita tindak lanjuti tahun ini juga.

"Saat ini juga langsung kita kerjakan tidak menunggu anggaran tahun depan, lebih cepat lebih baik. Langsung kita eksekusi di lapangan dan ini merupakan daerah prioritas," tegas Imawan.

Dia menjelaskan, saluran yang ada existing-nya rata-rata sekitar 20x30 cm dan sekarang akan dibuat saluran berukuran 60x60 cm dengan menggunakan U-dicth dan batu kali. Sedangkan saluran yang sudah selesai dikerjakan baru satu titik, sekarang yang kedua dengan mengerahkan 17 Satgas SDA kecamatan.

"Saya mohon kepada warga jika saluran air mikro nanti sudah selesai semua, tolong dijaga kebersihan salurannya dan setiap satu bulan sekali diadakan kerja bakti bersama," tambahnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Petojo Utara Ahmad Tamami mengaku sangat senang dengan dinormalisasi-nya saluran di lingkungan RW 02, karena usulan warga yang semula diajukan melalui Musrenbang untuk anggaran tahun 2023 langsung dikerjakan tahun ini juga.

"Terima kasih kepada SDA Kecamatan Gambir. Alhamdulillah usulan warga langsung dikerjakan jadi gak nunggu lagi tahun anggaran 2023," imbuhnya.