SDA Kecamatan Sawah Besar Normalisasi Saluran Air di Jalan Kartini Dalam

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas SDA Kecamatan Sawah Besar melakukan normalisasi saluran air di Jalan Kartini 10 C Dalam, RT 03 dan 04 RW 09, Kelurahan Kartini. Foto: pusat.jakarta.go.id

Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Sawah Besar melakukan normalisasi saluran air sepanjang 122 meter, di Jalan Kartini 10 C Dalam, RT 03 dan 04 RW 09, Kelurahan Kartini, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Sawah Besar Yusuf Sumardani menjelaskan, normalisasi saluran ini dilakukan berdasarkan usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020/2021. Karena saluran dan tutup saluran existing sudah rusak sehingga sering terjadi genangan.

"Normalisasi dikerjakan 15 petugas dan dilakukan secara manual karena alat besar tidak bisa masuk ke lokasi," jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (24/3).

Dalam pengerjaannya, lanjut yusuf, dilakukan secara bertahap mulai dengan melakukan penggalian lumpur, pemasangan bekisting (kerangka), mengecor dinding saluran, dan memasang plat tutup saluran. Pihaknya menargetkan normalisasi akan selesai akhir April mendatang.

"Sekarang baru dua minggu pelaksanaan. Kurang lebih baru 30 persen, target Insya Allah sampai dengan akhir April," tutupnya.