SDN 09 Johar Baru Optimis Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi

Reporter: Lisna Magang | Editor: Iman

Pemkot Jakpus sedang melaksanakan Pembinaan tentang Adiwiyata di Sekolahan Johar Baru, Foto: Maul

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Johar Baru optimis dapat meraih penghargaan di ajang lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah dari Jakarta Pusat (Jakpus) yang akan bersaing dengan ratusan sekolah lainnya di Jakarta untuk meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Ketua pelaksana Tim Adiwiyata SDN 09 Johar Baru, Lia mengaku optimis meraih penghargaan yang merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. 

"Kita optimis agar dapat memacu kita lebih semangat lagi, sekarang kita bersaing di tingkat provinsi, sebelumnya Adiwiyata tingkat kota, kita telah dapatkan di tahun 2021 lalu,"ucapnya.

Optimisme tersebut dibuktikannya dengan berjalannya Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (Gerakan PBLHS) yang menjadi kebiasaan sehari-hari.

"Walaupun tidak ada penilaian kegiatan PBLHS terus diberikan ke siswa setiap hari. Misalnya kita berikan mereka tugas piket harian, jadi ada anak yang tugasnya mengecek kondisi kelas masing-masing apakah listrik di kelas sudah dimatikan atau belum. Terus, ada bagian taman yang mengecek apakah ada tanaman yang mati, jadi kalau ada tanaman yang mati dicabut sama anak tersebut terus bagian penyiraman tanaman juga sudah dibagi-bagi," ucapnya.

Lia menuturkan kegiatan Adiwiyata ini sangat memberikan dampak yang sangat positif bagi anak didiknya, ia pun berharap sekolahnya dapat meraih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi.

"Adiwiyata atau PBLHS dampaknya itu baik sekali untuk murid-murid kita, karena di dalam kegiatan ini menerapkan kegiatan mandiri, bekerja sama, gotong royong, atau memanfaatkan barang yang ada. Jadi dengan adanya PBLHS dan Adiwiyata itu sangat berpengaruh positif sekali buat anak didik kita," tandasnya.