Sekcam Gambir Ajak Warga Bersihkan Lingkungan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas bahu-membahu melakukan pengurasan saluran saat gerebek lumpur di Kelurahan Petojo Selatan. Foto: Vhatra

Sekretaris Camat (Sekcam) Gambir Eddy Suprianto mengajak warga RW 03, Kelurahan Petojo Selatan membersihkan dan menjaga lingkungannya dari sampah minimal di rumah masing-masing.

Demikian dikatakan Eddy saat meninjau kerja bakti gerebek lumpur, di RW 03 Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (7/8).

Menurutnya, dengan menjaga kebersihan lingkungan minimal di rumah masing-masing, dan membersihkan saluran depan rumah, dapat mencegah penumpukan sampah. Di mana penumpukan sampah ini, menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan.

"Jadi setelah kegiatan bersih-bersih gerebek lumpur ini, diharapkan warga bisa menjaga lingkungan dengan membersihkan minimal depan rumah dan saluran depan rumah," ungkapnya.

Dalam kegiatan gerebek lumpur ini, Eddy mengerahkan sekitar 70 petugas gabungan, serta masyarkat dan lembaga yang ada di lingkup kelurahan. Fokus kegiatan dilakukan dengan pengurasan saluran, pengangkutan sampah, serta penopingan pohon rawan tumbang.

"Petugas dikerahkan dalam pengurasan saluran di RT 14, penopingan pohon di sebagian Jalan Kesehatan, sisanya pembersihan sampah di RW 03," terangnya.

Selain mengajak masyarakat menjaga lingkungan, Eddy juga mengajak warga tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). "Meskipun Covid-19 sudah melandai, tapi penularan Covid masih ada," tandasnya.