Sekko Ajak Warga Gunakan Musrenbang Sampaikan Kebutuhan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarudin membuka Musrenbang Kelurahan Gambir. Foto: Vhatra

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarudin, mengajak warga Kelurahan Gambir memanfaatkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai wadah untuk menyampaikan kebutuhan maupun keinginan warga.

Hal ini diungkapkannya saat membuka Musrenbang Kelurahan Gambir, di kantor kelurahan setempat, Rabu (2/2).

Iqbal mengatakan, semua usulan yang disampaikan warga dalam Musrenbang ini merupakan kebutuhan maupun keinginan warga baik usulan fisik maupun non fisik. Usulan fisik berkaitan untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana yang ada di lingkungan, sementara untuk usulan non fisik meningkatkan keterampilan dan keahlian warga.

“Musrenbang ini menjadi wahana terbaik untuk mengusulkan baik itu, kebutuhan maupun keinginan tidak hanya fisik semata, tapi usulan non fisik juga dapat dijadikan prioritas,” ungkapnya, didampingi Camat Gambir Fauzi, dan Lurah Gambir Ahmad Eman Sulaeman.

Iqbal mengharapkan, kegiatan Musrenbang ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga maupun lingkungan. Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan bagi para UKPD terkait untuk melakukan investigasi lapangan terkait usulan yang diajukan warga dalam Musrenbang kali ini. Sehingga, dari usulan tersebut dapat ditentukan skala prioritasnya.

“Pada kesempatan yang baik ini, usulan yang masuk diurutkan dan disesuaikan sesuai prioritas wilayah. Mana usulan yang mempunyai dampak lebih luas itu jadi prioritas utama, sampai usulan terakhir,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Gambir Ahmad Eman Sulaeman menerangkan, dari hasil Rembuk RW di wilayahnya terdapat sembilan usulan warga yang masuk dalam pembahasan. Dari sembilan usulan tersebut terdapat enam usulan fisik dan tiga usulan non fisik.