Sekko Tinjau Kerja Bakti Gerebek Lumpur di RW 08 Kelurahan Anyar

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko tinjau kerja bakti gerebek lumpur di RW 08, Kelurahan Anyar. Foto: Vhatra

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin meninjau pelaksanaan kerja bakti gerebek lumpur, di RW 08, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (20/3) pagi.

Iqbal mengatakan, peran serta masyarakat cukup baik untuk membantu petugas melakukan upaya pembersihan saluran dalam kerja bakti gerebek lumpur ini.

"Tadi kita lihat juga masyarakat secara sadar membersihkan saluran depan rumahnya masing-masing, ada yang mengeruk saluran air, dan banyak membawa gerobak yang berisi sampahnya sendiri," katanya.

Iqbal menambahkan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, ditemukan beberapa titik yang ternyata banyak sekali sampah di saluran yang tidak terlihat karena tertutup balok penutup saluran.

"Kesadaran masyarakat juga harus ditingkatkan kembali untuk tidak membuang apapun terutama sampah ataupun limbah ke saluran air. Jika limbah sudah menggumpal sulit sekali untuk dibersihkan. Sehingga air tidak dapat mengalir," jelasnya.

"Selain itu, kondisi lingkungan sangat padat di wilayah Karang Anyar. Di beberapa lokasi saluran air perlu menjadi perhatian. Terkadang saluran air digunakan untuk parkiran motor atau tempat usaha dan petugas sulit untuk membersihkannya," tambah Iqbal.

Ia juga berharap dengan adanya kebersamaan dan kolaborasi antar masyarakat seperti ini, dapat meningkatkan kesadaran khususnya dalam hal membuang sampah.

"Mudah-mudahan dengan adanya gerebek lumpur kerja bakti ini jadi pemicu masyarakat bisa termotivasi agar lingkungan tempat tinggalnya sehari-hari bersih, sehat, dan nyaman," harapnya.

Dalam kerja bakti gerebek lumpur ini mengerahkan petugas gabungan dari Sudin SDA, Bina Marga, Lingkungan Hidup, dan PPSU yang berjumlah 150 personel. Turut hadir, Camat Sawah Besar, Ketua RW 08, dan Ketua RT Kelurahan Karang Anyar.