Sekko Tinjau Penataan Wilayah Kelurahan Rawasari Jalan Percetakan Negara 9

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko (tengah) melakukan peninjauan penataan wilayah Kelurahan Rawasari. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarudin melakukan peninjauan penataan wilayah Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, di Jalan Percetakan Negara 9, Rabu (30/11).

Menurutnya, konsep penataan kawasan di Kelurahan Rawasari ini tidak hanya mengedepankan keindahan dan enak dipandang, tetapi juga untuk kenyamanan warga sekitar. Selain itu, optimalisasi keberadaan sarana prasarana, seperti pepohonan rindang, dan sejuk.

“Progresnya sudah hampir 80 persen nanti kita sisir juga kawasan diseberang untuk melakukan penyesuaian, penyelarasan jalan, sehingga nanti kiri-kanan harus lebih tertata di Percetakan Negara 9 ini,” ungkapnya di lokasi didampingi Wakil Camat Cempaka Putih Erick AP, dan Lurah Rawasari Arief Biki.

Iqbal juga menuturkan, konsep penataan di wilayah ini juga berasal dari pemikiran seluruh warga. Sehingga pengerjaannya pun dilakukan bersama-sama tidak hanya jajaran Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) tetapi juga masyarkat.

“Saya lihat warga sini yang antusias malah untuk menata lingkungannya karena memang sudah menghuni kawasan ini cukup lama, dan mungkin generasi ke tiga. Jadi cukup paham terkait masalah di wilayah dan lingkungan. Tentunya bersama warga bersama Pak Lurah saling bertukar pikiran membuat konsep penataan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Rawasari Arief Biki menerangkan, lokasi Percetakan Negara 9 dipilih karena lokasi ini merupakan kawasan yang dilalui orang banyak. Selain itu, diharapkan lokasi ini menjadi salah satu ikon bagi warga RW 04. Bahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan warga dalam melakukan pembenahan di wilayah ini.

“Jadi alasannya bukan karena keinginan kami aja pemerintah kelurahan, tapi ini juga menjadi harapan masyarakat. Itu yang mendasari kami menunjuk lokasi ini,” ungkapnya.

Arief juga menargetkan, proses penataan wilayah ini rampung dikerjakan awal Desember mendatang. Para kolaborator juga dilibatkan dalam program penataan wilayah ini.

“Kami targetkan 4 Desember 2022 tuntas, sebab target dari tingkat kota 8 Desember tuntas 100 persen,” tandasnya.