Selalu Hadiri saat Musrenbang, Wakil Wali Kota: Bisa mengetahui Langsung Usulan Masyarakat

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi membuka Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan. Foto: Maulana

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) menjadi penting untuk mendapatkan rencana Anggaran dan Pendapat Belanja Daerah dan Nasional (APBD/APBN) pada tahun berikutnya.

Meski bisa dilaksanakan melalui zoom meeting atau daring namun Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi selalu menyempatkan diri untuk datang langsung ke lokasi Musrenbang.

Menurutnya dengan datang langsung bisa bertemu lurah, camat, pengurus wilayah dan masyarakat serta dapat mengetahui langsung usulan para warga.

"Sebenarnya bisa melalui daring tetapi tidak mau, saya mau langsung untuk bisa mengetahui usulan masyarakat dan bisa atau tidak diteruskan untuk 2023," ucapnya saat ditemui usai membuka Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan yang berlangsung, di RPTRA Tanah Abang 3, Senin (31/1).

Irwandi menekankan bahwa jangan sampai ada kegiatan yang tertunda karena Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang.

"Saya terus menekan kepada Kasudin dan Kasatpel agar semua pekerjaan cepat dilakukan, percepatan harus dilakukan terutama KSD (Kegiatan Strategis Daerah)," tekannya.

Ia mengaku dengan datang langsung ke lokasi Musrenbang bisa memberi tekanan percepatan program yang merupakan hajat orang banyak.

"Pak Gubernur bilang kalau acara Musrenbang tidak benar-benar kita tangani dengan baik kira-kira usulannya bisa tidak dijalankan," ucapnya.

"Jadi kita benar-benar serius menangani program-program untuk KSD ini dan dalam rangka RPJMD yang terakhir," tandasnya.