Siapkan 724 Produk UMKM, Pekan Ini Pemkot Jakpus Gelar JBL

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: dok Andreas Pamakayo

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) pekan ini akan menggelar Jumat Beli Lokal (JBL) yang akan berlangsung pada hari Jumat (11/3) mendatang. Tersedia ratusan produk UMKM binaan Kota Administrasi Jakarta Pusat yang dapat dipesan melalui Tokopedia.

Kasudin Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala menerangkan, untuk JBL kali ini pihaknya menjual produk Jakpreneur binaan dengan sistem paket. Ada tujuh jenis paket yang bisa dipilih pembeli, mulai dari harga Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

"Untuk paket kita siapkan 724 barang yang kita masukan kedalam 104 paket yang bisa dipesan. Mulai dari paket a, b1, b2, c1, c2, d1, d2," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (7/3).

Selain sistem paket, lanjut Melinda, pihaknya juga menyediakan barang yang bisa dibeli secara satuan seperti produk fashion. Ada 1.007 barang yang dijual satuan dalam program JBL ini.

Terkait sistem paket yang dilakukan dalam program JBL Pemkot Administrasi Jakarta Pusat, Linda mengatakan, sistem paket ini diberlakukan agar semua produk Jakpreneur binaan Sudin PPKUKM, maupun binaan UKPD Pemangku seluruhnya bisa terjual.

"Selain untuk semua produk bisa terjual, sistem paket ini juga jauh lebih murah dibandingkan membeli satuan," jelasnya.

Meski JBL baru akan digelar Jumat mendatang, namun pemesanan secara pre-order sudah dapat dilakukan mulai dari 4 Maret lalu. Semua pesanan barang pre-order, langsung bisa dikirim.

"Tanggal 11 nanti kita live shopping, pesanan akan diantar di hari itu juga sebelum jam 12.00. Namun, jika memesan melewati jam tersebut akan dikirim keesokan harinya," Melinda menerangkan.

Terkait target omset penjualan JBL, Melinda mengaku pada JBL kali ini pihaknya menargetkan omset Rp 50 juta dari JBL sebelumnya Rp 30 juta.