Silahturahmi dengan RT-RW Kelurahan Kartini, Wali Kota Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melaksanakan silaturahmi dengan RT/RW dan lembaga kemasyarakatan lain di Jalan Kartini IX RW 03 (depan Masjid Darussalam), Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Minggu (16/1). Foto: Shabrina Saraswati

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan silaturahmi dengan RT/RW dan lembaga kemasyarakatan lain serta kerja bakti gerebek lumpur, di Jalan Kartini IX RW 03 (depan Masjid Darussalam), Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Minggu (16/1).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, silaturahmi ini untuk membuka keran dialog jika ada hal yang perlu diselesaikan secara bersama.

"Tidak mungkin hanya pemerintah saja yang bisa menyelesaikan permasalahan di wilayah jika tidak mendengarkan perwakilan di lingkungan masyarakat," katanya.

Menurutnya, untuk membangun masyarakat yang kohesivitas perlu adanya derajat modal sosial yang kuat. Ciri masyarakat yang memiliki modal sosial yang kuat ada enam.

"Pertama mempunyai jaringan yang lebih luas, kedua ada tindakan proaktif, ketiga harus ada timbal balik, keempat harus ada kepercayaan satu dengan yang lainya, kelima harus ada nilai-nilai yang disepakati bersama, dan keenam adanya aturan atau norma," jelasnya.

"Jika keenam hal tersebut ada di tiap lingkungan RT/RW maka akan lebih terlihat kohesivitas sosialnya. Sehingga modal sosial menentukan pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Sementara itu, Camat Sawah Besar Prasetyo mengungkapkan, dalam silaturahmi ini mengundang perwakilan LMK, FKDM, PKK, RT/RW, Karang Taruna, pengurus masjid, dalam rangka dialog dan menyerap aspirasi masyarakat terkait dengan kewilayahan.

"Silaturahmi ini dalam rangka dialog dan menyerap aspirasi masyarakat terkait dengan kewilayahan," katanya.

Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang telah diatur.

Gerebek Lumpur di Jalan Kartini IX

Sebelum acara silahturahmi dimulai, pelaksanan kerja bakti gerebek lumpur terlebih dahulu dilaksanakan oleh para pasukan pelangi Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama warga sekitar. 

Camat Sawah Besar Prasetyo juga mengatakan bahwa kerja bakti gerebek lumpur dilakukan di Jalan Kartini IX RW 03 dalam rangka untuk mengantisipasi genangan atau banjir yang berlangsung secara bergilir di tiap minggunya di masing-masing kelurahan.

"Kerja bakti gerebek lumpur ini dalam rangka untuk mengantisipasi genangan atau banjir yang berlangsung secara bergilir di tiap minggunya. Dan secara rutin di masing-masing kelurahan mengadakan," katanya.

"Kerja bakti gerebek lumpur melakukan normalisasi saluran air, pembersihan sampah, pemangkasan pohon rawan tumbang dan lain sebagainya. Ada sekitar 200 personel dikerahkan," imbuhnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi, Sekko Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, para asisten, kepala suku dinas, UKPD, para lurah di wilayah Kecamatan Sawah Besar, dan jajaran terkait.