Sudin Dukcapil Jakpus Gelar Layanan Jemput Bola di RW 013 Tanah Tinggi

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Pusat Rosyik menyerahkan secara simbolis KTP kepada warga. Foto: Vhatra

Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jakarta Pusat menggelar program jemput bola layanan administrasi kependudukan di RW 013, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan tersebut, Kasudin Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Pusat Rosyik menyerahkan secara simbolis KTP kepada warga yang memasuki usia 17 yang diterima oleh orang tuanya masing-masing.

Rosyik mengatakan, pelayanan jemput bola ini bertujuan untuk mendekatkan layanan administrasi kependudukan kepada warga masyarakat.

"Makanya layanan ini kita gelar di RPTRA, Pos RW atau di tempat-tempat yang strategis agar mudah dijangkau oleh warga," kata Rosyik didampingi Lurah Tanah Tinggi Sunardi, dan Kasatpel Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Tanah Tinggi Sanda saat memantau kegiatan jemput bola di RW 013, Rabu (14/6).

Dia menjelaskan, jemput bola ini melayani perekaman KTP, membuat KTP baru atau mengganti KTP yang hilang atau rusak, membuat Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian,dan  membuat KIA semua layanan diterima.

"Saya berharap, khususnya wilayah Jakarta Pusat terkhusus di kelurahan Tanah Tinggi di RW 013 semua warga masyarakat sudah memiliki dokumen Dukcapil, jadi tidak ada yang ketinggalan," tambahnya.

Sementara itu, Ptl Kepala Sektor Dukcapil Kecamatan Johar Baru Kartika menambahkan, hasil jenis layanan jemput bola di RW 03 yakni yang melakukan rekam KTP 2 orang, cetak KTP 8 keping, akta lahir dewasa 4 orang, pembaruan Kartu Keluarga (KK) 10, Kartu Indentitas Anak (KIA) 3 orang dan konsultasi 12 orang.

"Totalnya ada 39 orang yang kami layani terkait layanan administrasi kependudukan," ungkapnya.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Unit Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Dukcapil DKI Jakarta Yani Sahlijah dan Ketua RW 13 Kelurahan Tanah Tinggi, Didi Sumarta.