Sudin Gulkarmat Adakan Pelatihan dan Simulasi Kebakaran untuk Warga Petojo Utara

Reporter: Maulana | Editor: Iman

Sudin Gulkarmat Adakan Pelatihan dan Simulasi Kebakaran untuk Warga Petojo Utara, Foto: Malik

Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus)  menggelar pelatihan dan simulasi penanggulangan dan pemadaman kebakaran bagi warga RW 04 Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kamis (28/7).

Kepala Seksi (Kasie) Gulkarmat Sektor Kecamatan Gambir Muhammad Taufik mengatakan, ini merupakan program Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) yang berfokus pada simulasi penaggulangan kebakaran.
"Tujuannya ketika nanti ada kebakaran di wilayah RW 04 sudah bisa ditanggulangi secara dini,"katanya.

Taufik menjelaskan pelatihan ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2008, di mana masyarakat diberikan edukasi mengenai tugas pokok dan cara penanggulangan kebakaran secara dini.

"Pemadam  kebakaran tanpa masyarakat tidak ada apa-apanya, kembali lagi semua itu ke kerjasama masyarakat dengan dinas pemadam kebakaran," jelasnya.

"Api awal kebakaran, yang menyelesaikan adalah masyarakat, sehingga masyarakat kita berikan keahlian untuk memadamkan api secara dini,"imbuhnya.

Dilokasi yang sama Lurah Petojo Utara Indarto menyambut baik pelatihan ini, menurutnya meskipun kantor Damkar dekat, tetapi warga juga harus tahu cara-cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
"Jadi, warga baik dewasa, remaja, dan ibu-ibu mengerti dan memahami terkait kebakaran, sehingga jangan sampai api kecil bisa menjadi besar,"ucapnya.

Indarto berharap ke depannya dapat terbentuk tim SKKL ditiap RW sehingga kebakaran bisa diatasi sedini mungkin dan disetiap gang tersedia Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Pelatihan ini melatih mental para warga yang ingin memadamkan api secara tradisional maupun modern. Di petojo utara juga ada wilayah padat penduduk dan di sana sudah terbentuk Tim SKKL yang terlatih,"tandasnya.