Sudin Gulkarmat Gelar Simulasi di RW 05 Kebon Sirih

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Simulasi penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di RW 05, Kelurahan Kebon Sirih. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar simulasi penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di RW 05, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/9).

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 pagi tersebut digelar di lapangan RT 002, melibatkan 30 warga RW 05 yang terdiri dari pengurus RT, anggota LMK, Posyandu, Jumantik, Dasawisma, Karang Taruna, dan keamanan.

Kepala Regu Sektor III Gulkarmat Menteng Group C Jon Muardi menjelaskan, program ini merupakan salah satu tupoksi dari Gulkarmat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, terhadap bahaya kebakaran dan penanggulangan dini kebakaran.

"Kita juga memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa dalam setiap laporan di saat terjadi bencana khususnya kebakaran dan penyelamatan lainnya tidak dikenakan biaya," ucap Jon saat dikonfirmasi.

Sedangkan untuk materi yang diberikan kepada warga berisi teori mengenai segitiga api, pengenalan alat-alat pemadam kebakaran, pemberian informasi kontak darurat, kemudian dilanjutkan praktek pemadaman dengan menggunakan metode tradisional, dan pemadaman dengan menggunakan metode modern.

Sementara itu, Lurah Kebon Sirih Syamsul Maarif yang juga hadir di lokasi menerangkan program ini merupakan program lanjutan yang diadakan Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat, karena sebelumnya giat simulasi ini sudah dilakukan di beberapa RW lainnya di Kelurahan Kebon Sirih.

Ia melanjutkan, kegiatan simulasi ini merupakan program yang sangat baik untuk mengedukasi warga, sekaligus menjaga wilayahnya dari potensi terjadinya kebakaran.

"Agar warga paham mencari penanganan awal kebakaran apabila terjadi kebakaran di wilayahnya," pungkas Syamsul.